Inilah Ciri-ciri Artikel Yang Berkualitas Pada Blog

Ciri-ciri Artikel Yang Berkualitas dan Baik Pada Blog Dimata Google - Keberadaan artikel pada sebuah blog merupakan hal yang paling penting. Trafik blog tidak akan naik jika tidak ada artikel atau isi konten blog tersebut. Namun perlu diingat, sebuah blog jika artikelnya tidak berkualitas maka saya rasa akan sia-sia dan bisa dibuktikan blognya akan sepi pengunjung alias jalan ditempat. Banyak sekali faktor-faktor blog sepi peminat alias tidak ada pengunjung, salah satu penyebabnya karena rendah kualitas artikel.

Kulitas sebuah artikel ini sebenarnya bisa diukur dengan mudah. Jika sebuah blog banyak pengunjungnya pasti kualitasnya baik, namun kualitas artikel juga harus baik menurut mesin pencari Google. Karena jika kualitas artikel sudah dikatakan baik menurut google, maka dijamin deh artikel tersebut akan tampil dihalaman pertama atau ranking 1 google.


Ukuran artikel yang berkualitas menurut Google, setidaknya bisa kita ketahui dari berbagai sumber atau blog yang sudah mapan seperti blog Mas Sugeng, PanduanIM, Juragan Cipir dan lainnya. Karena yang paling penting tidak terlepas dari ilmu SEO itu sendiri.

Inilah Ciri-ciri Artikel Yang Berkualitas Pada Blog

Baiklah sobat, setelah saya rangkum dari beberapa blogger mastah, berikut ini Ciri-ciri Artikel Yang Berkualitas dan Baik dimata Google Pada Blog:

1. Artikel Yang Kaya Informasi

Pada zaman sekarang ini informasi merupakan makanan wajib bagi setiap orang terutama setelah era teknologi digital yang semuanya serba cepat hanya dengan hitungan detik. Maka benar sekali bahwa blog dengan niche berita trafiknya begitu meledak. Perhari saja bisa sampai ribuan visitornya, bagaiamana blog Anda...hehe.

2. Artikel Yang Kaya dengan Solusi

Semua manusia pasti mempunyai masalah, apapun profesinya seperti seorang blogger, pebisnis internet, sorang dokter, dan lainnya. Jika masalah datang maka solusi yang paling cepat ialah membuka artikel atau blog. Jika yang dicari solusinya ada maka kelar tuh masalahnya. Nah blog yang artikelnya kaya solusi seperti tutorial, cara membuat blog, cara bisnis online dipastikan akan dibanjiri pengunjung setiap harinya.

3. Artikel Yang Orisinil alias Lolos Copi Paste

Inilah penyakit dan tantangan seorang penulis seperti halnya blogger. Banyak sekali blogger yang hanya mengambil keuntungan dari orang lain dalam menulis artikel. Segala sesuatunya hanya dibuat dengan jalan pintas tanpa berfikir resiko yang akan dihadapi.

Artikel yang berkualitas adalah artikel tulisan sendiri, dengan kreasi dan kemampuan sendiri, artikel yang belum dibuat oleh orang lain.

4. Artikel Yang Mudah Dipahami Orang Lain

Membuat artikel itu sebenarnya tidak usah bertele-tele karena yang paling penting dapat dipahami isi dan pesannnya oleh pembaca. Buat apa artikel panjang tapi tidak dipahami oleh pengunjung blog.

5. Artikel Dengan Tata Bahasa Yang Baik dan Benar

Dalam sebuah tulisan atau artikel, tata bahasa yang baik dan benar merupakan hal yang sangat penting karena akan dikonsumsi oleh semua orang. Maka sebelum menulis artikel perhatikan dulu objeknya, apakah untuk orang dewasa, atau anak-anak, apakah isi artikelnya tentang informasi, cerita, tutorial dan lainnya.
6. Artikel Yang Bermanfaat dan Menjadi Ilmu

Artikel yang berkualitas ciri-cirinya harus menjadi ilmu yang bermanfaat, karena pada dasarnya kita sudah berbagi ilmu kepada orang lain, namun perlu digaris bawahi bahwa menjadi ilmu itu hanya untuk kebaikan bukan kejelekan. Google adsense tidak suka dengan artikel yang berbau kekerasan, pornografi, dijamin blog tersebut akan di banned.

7. Artikel Yang Unik

Biasanya pengunjung sebuah website/blog akan betah berlama-lama jika artikel yang dibacanya unik, bahkan berulang kali mengunjungi blog tersebut. Itu mungkin karena artikelnya unik. Biasanya artikel unik itu lebih fress, belum ditulis orang lain, ditulis dengan gaya bahasa sendiri, rasa penasaran pembaca.

8. Data Pendukung Artikel

Bolehlah kita membuat artikel hasil karya orang lain, tapi harus mencantumkan sumber resminya. Itulah contoh data pendukung artikel

9. Artikel Yang SEO

Nah inilah sobat ciri artikel yang berkualitas yaitu harus mengandung SEO. Ciri-ciri artikel yang SEO itu seperti apa, lihat disini.

Kesimpulan

Membuat artikel yang berkualitas menurut pembaca dan google memang bukan perkara mudah terutama bagi blogger pemula, karena memerlukan pemikiran yang kuat didalamnya. Artikel itu diibaratkan bahasa hati seseorang yang dituangkan dalam tulisan agar pembaca mengerti dan mudah dipahami sehingga menjadi solusi dan ilmu.

Setelah mengetahui ciri-ciri artikel yang berkualitas pada sebuah blog, sekarang saatnya anda terapkan dan memulai dengan sebuah artikel yang berkualitas sehingga disukai pembaca dan google. Ok terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat, amiin.


Subscribe to receive free email updates:

37 Responses to "Inilah Ciri-ciri Artikel Yang Berkualitas Pada Blog"

  1. Thanks gan infonya, kalo kayak gini saya jadi tau mana artikel yang tidak berkualitas dan yang berkualitas.

    ReplyDelete
  2. Thanks imfony gan...jadi lebih smangat buat artikel berkualitas..

    ReplyDelete
  3. Nice info gan. Kdang ane buar artikek tnpa pendukung artikel.. jd skrng mw buat yg lbh bagus lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan memang penting pendukung artikel jika artikel dari sumber lain

      Delete
  4. mantep infonya gan, bisa di jadiin ref nih

    ReplyDelete
  5. benar jangan asal comot harus camtumkan situs resminya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, bolehlah comot artikel lain asal cantumin referensi atau sumbernya

      Delete
    2. comot pun jangan asal
      tesl plagiat jangan sampek lebih dari aturan yang barlaku
      biar aman

      Delete
  6. mantep gan, bisa menambah ilmu dan gk asal2an nulis artikel.nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan sekarang jangan asal ketika membuat artikel yang penting manfaatnya bagi orang lain

      Delete
  7. Kalau seumpama dengan menggunkan tata bahasa yang masih tergolong,bisa dikatakan kebawak kata-kata sehhari2 untuk solusi ny sendiri gimana min??biar bisa merambat ke ciri2 lainnya.. btc mkasih info min nice share hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak apa apa pakai bahasa sendiri namun dalam penulisan lebih pakai bahasa yang jelas baku, tidak dengan kata singkatan, misal yang jadi yg, kurangin bahasa pribadi

      Delete
  8. Nomor 4 ane masih banyak kendalanya nih, masih susah memilah kata-kata yg tepat buat para pembaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan tapi lama-lama akan terbiasa terutama penggunnaan kata baku

      Delete
  9. ini salah satu artikel yang berkualitas gan wkwkw nice pict

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sukses selalu gan semoga bermanfaat

      Delete
  10. Thanks gan infonya, jadi bikin inspirasi buat artikel baru

    ReplyDelete
  11. artikelnya mantap , rapih enak dibaca dan informasinya sangat bermanfaat (y) makasih gan

    ReplyDelete
  12. Yang pasti sih artikelnya diakui oleh para pembaca kalau itu berkualitas. Kaya di blog ane. Hihihi just kidding!

    ReplyDelete
  13. Good. Semoga punya ane sudah memenuhi ini semua,

    ReplyDelete
  14. Dengan memahami target seorang blogger tentu pengunjung yang diinginkan menjadikan blog menjadi ramai oleh visitor.

    ReplyDelete
  15. Gambarnya pun lebih berkualitas yaaa

    ReplyDelete
  16. nice inpoh gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Thanks gan. Lumayan bertambah ilmu buat bikin artikel nih hehe

    ReplyDelete
  18. makasih infonya,sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. thanks infonya gan, jadi semangat untuk bisa nulis artikel yang berkualitas

    ReplyDelete
  21. bener sekali gan jangan sampe dibilang bloger ndeso hahaha

    ReplyDelete
  22. bisa dicoba nih gan thanks infonya..

    ReplyDelete
  23. okee sangat bermanfaat... i like it...

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih