Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017 – Tak kenal maka tak sayang, begitupun sebuah blog apabila tidak dikenalkan dan didaftartarkan ke mesin pencari sekelas google, maka blog anda akan seperti bangunan yang tidak bertuan. Kenapa harus didaftarkan ke google? Karena mesin pencari google adalah salah satu mesin pencari yang paling besar dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet selain dari yahoo, dan bing. Keuntungannya, setelah blog anda didaftarkan ke mesin pencari google, maka blog anda akan semakin dikenali dan akan terindex di mesin pencari google. Cara ini penting sekali untuk SEO blog.

Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke Bing dan Yahoo lengkap dengan gambar

Nah salah satu cara agar blog dan artikel-artikel anda terindex mesin pencari google adalah dengan cara verifikasi blog anda ke webmaster tool. Cara ini sangat penting sekali dan sangat dasar terutama bagi blog baru yang telah anda buat.

Baca juga: Cara agar artikel/postingan cepat terindex mesin pencari google

Webmaster tool adalah tool milik google yang fungsinya untuk memantau interaksi mesin pencari terhadap blog anda. Semuanya akan direkam lalu kemudian dilaporkan ke anda sebagai bahan evaluasi agar kinerja blog tersebut terus meningkat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Cara mendaftarkan Blog Baru ke webmaster tool:

1.  Terlebih dahulu masuk ke halaman webmaster tool, cari tombol “sign in to webmaster tool” silahkan login dengan akun gmail anda
2.  Lalu submit alamat URL blog anda, misalkan: http://mediatoh.com/ lalu klik add property

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017
 3.  Selanjutnya, pilih alternate methods, lalu centang HTML tag. Kemudian copykan kode verifikasi google webmaster tool, dan paste kan pada kode HTML tamplate blog anda diatas kode <head>.
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017

Jika kode verifikasi sudah anda letakan didalam template blog, silahkan kembali ke halaman webmaster tool yang tadi, lalu anda klik “verify”

Nah, sampai tahap ini anda sudah mengintegrasikan blog anda dengan webmaster tool. Artinya blog anda sudah terdaftar di webmaster tool.

Blog anda sudah terdaftar di webmaster tool. Lihat gambar:

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah submit site map/peta situs ke webmaster tool. Tujuannya ialah agar robot google mudah menelusuri bagian-bagian dari situs anda.

# Cara submit peta situs di google webmaster
 
Setelah anda mengintegrasikan blog dengan webmaster tool, tahapan selanjutnya adalah submit peta situs blog anda ke google webmaster. Caranya sangat mudah sekali, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke akun webmaster tool dengan akun google anda. Pada Search Console maka akan tampil pada home webmaster tool situs anda yang telah didaftarkan. Lalu klik situs anda.
 
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017

2. Pada dashboard webmaster tool anda, klik “sitemap”
 
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017
3. Selanjutnya, klik “add sitemap” lalu masukan sitemap blog anda. Sebetulnya mudah sekali. Lihat gambar: pada kotak isian yang kosong anda hanya masukan sitemap.xml. Setelah diisi klik “submit sitemap” refresh blog anda dan lihatlah hasilnya.
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017
Saran: Artikel/postingan yang anda buat maka akan terus bertambah dan semakin banyak. Alangkah bagusnya anda meresubmit peta situs blog agar artikel baru yang anda terbitkan cepat dikenali dan terindex google.
Saya rasa cukup mudah, silahkan anda praktekkan terutama bagi blogger pemula yang baru membuat blog. Demikianlah Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017 dengan verifikasi ke webmaster tool dan submit peta situs ke webmaster tool semoga berhasil dan sukses.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine terbaru 2017"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih