Wisata Menarik Alun Alun Bandung dan sekitarnya

Wisata menarik alun alun Bandung dan sekitarnya - Kota bandung menjadi salah kota tujuan wisata di Indonesia, sejak dipimpin oleh seorang arsitek kenamaan Indonesia Bapak Ridwan Kamil atau yang lebih akrab dengan sebutan Kang Emil, kota ini tidak hentinya terus berinovasi dan berbenah guna menata kotanya. Berbagai penghargaan terus diterimanya semenjak menjadi walikota Bandung. Salah satu inovasi Kang Emil yang berhasil dan keren yaitu direvitalisasinya alun alun Kota Bandung. Saat ini wajah alun-alun Bandung menjadi lebih cantik, tertata rapi dan menjadi magnet baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

Alun-alun Kota Bandung menjadi tren wisata baru khususnya bagi warga Bandung dan sekitarnya bahkan sangat memikat dan rasa penasaran wisatawan dari luar kota dan mancanegara untuk mengunjunginya. Semenjak diresmikan oleh walikota Bandung Bapak Ridwan Kamil tahun 2014 lalu alun-alun Bandung semakin hari semakin ramai dikunjungi wisatawan walaupun tentunya akan menambah permasalahan baru terutama masalah kebersihan kota.
Wisata Menarik Alun Alun Kota Bandung 2017
Alun-alun Bandung - momen KAA 2015
Jika beribacara alun-alun kota Bandung beberapa tahun sebelumnya maka akan terdengar identik dengan kesan kumuh, tidak terawat, banyak pedagang kaki lima yang dibiarkan begitu saja yang tidak jelas fungsi dan kegunaanya, bahkan menambah kesemrawutan kota. Pengunjung juga tidak bebas masuk lantaran dikelilingi pagar tinggi sehingga pantaslah warga Bandung sendiri apalagi wisatawan tidak betah berlama-lama paling hanya ke Masjid Agung untuk melaksanakan solat.
Ketika menyusuri jalan Asia Afrika yang sangat bersejarah, dari arah timur akan melihat wajah alun-alun Bandung dengan hamparan rumput sintetis yang luas dan desain pola kotak garis lurus akan memanjakan pandangan mata dengan latar belakang Masjid Agung Bandung Raya yang begitu megah dan kokoh. Disekelilingya terdapat aneka ragam bunga berwarna warni, pepohonan rindang, tempat bermain anak-anak sehingga pantas wisatawan betah berlama-lama sekedar menghilangkan penat kesibukan sehari-hari. 

Wisata Menarik Alun Alun Kota Bandung 2017
Alun-alun Kota Bandung
Saking ramainya alun-alun Bandung apalagi long weekend maka wisatawan selalu mengabadikan momen kunjungannya dengan berbagai ekspresi foto bersama, banyak sekali pengunjung yang tidak bosan bulak-balik ke alun-alun jiak berkunjung ke Kota Bandung. 

Pantaslah dengan semakin populernya alun-alun Bandung belum lama ini walikota Bandung memposting di instagramnya:

"ridwankamilAlhamdulillah, foto alun-alun Bandung yang tengah, di post di akun official @instagram yang punya 220 juta follower. Di like lebih dari 1 juta orang. Silakan dikunjungi. Jadi promosi pariwisata untuk kota Bandung. foto karya @triwisuda. #Mangprang"

Wisata Menarik Alun Alun Kota Bandung dan sekitarnya

Setelah meikmati alun-alun Bandung, coba anda pergi ke bagian selatan disana ada tempat wisata belanja yang penuh dengan sejarah dan terkenal yaitu kalan Dalem Kaum. Jalan Dalem Kaum merupakan salah satu pusat pertokoan terbesar di Bandung. Salah satu Mall yang terkenal disana ialah Plaza Parahyangan yang merupakan pusat distro terbesar di Indonesia. 

Disini banyak sekali aneka ragam produk pilihan hingga penjuan emperan. Jalan Dalem Kaum sekarang ini sangat indah dan romantis semenjak di tata oleh pemkot Bandung. Kesan eropa sanagt melekat di jalan ini dengan pedesterian yang lebar, ornamen PJU gaya klasik dan kursi-kursi bergaya jadul.

Wisata Menarik Alun Alun Kota Bandung dan sekitarnya

Di Dalem Kaum ada makam Bupati Raden Adipati Wiranatakusumah II, Bupati Kabupaten Bandung ke-6 yang berjasa mendirikan Kota Bandung. Dulu Kota Bandung hanyalah hutan dan rawa-rawa yang sunyi senyap,  karena makam pendiri inilah dinamakan Dalem Kaum untuk menghormati beliau. 

Jangan lupa jika anda mau melihat keindahan Kota Bandung dari ketinggian, naiklah ke menara kembar Masjid Raya Bandung. Murah kok tiketnya hanya Rp. 4.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak, kecuali hari libur tiketnya Rp. 5.000 dengan tiket yang sangat murah dan terjangkau anda bisa menikmati keindahan Kota Bandung dari ketinggian.


Wisata Menarik Alun Alun Bandung dan sekitarnya

Lelah di alun-alun dan berbelanja di jalan Dalem Kaum, langkahkan kaki anda ke bagian timur selatan - masih sekitar jalan Dalem Kaum, disana terdapat pendopo Walikota Bandung atau tempat tinggal walikota. Pendopo ini salah satu tempat bersejarah di Kota Bandung karena merupakan tempat tinggal para bupati dan pendiri Kota Bandung yang usianya sudah mencapai 2 abad lebih.

Wisata Menarik Alun Alun Bandung dan sekitarnya

Waktu dibuka pendopo yaitu pukul 9.00-12.00 WIB serta pukul 13.30-16.00 WIB. Pendopo Kota Bandung terbuka untuk wisatawan umum hanya setiap Sabtu dan Minggu pada waktu yang sama.

Jika anda mau ke Pendopo Kota Bandung diharapkan berpakaian rapi dan sopan, tidak membawa makanan, serta tidak parkir di dalam Pendopo. Sebagai alternatif, parkir kendaraan dapat dilakukan di basemen Alun-alun Kota Bandung.


Bergeser ke sebelah selatan tepatnya jalan Kepatihan, disana banyak macam toko-toko besar seperti King Shoping Kepatihan, Grand Yogya Kepatihan,Trend Shop, VreemDeling dan terdapat situs Monumen Perjuangan Markas TKR Divisi III.

Wisata Menarik Alun Alun Bandung dan sekitarnya

Nah, setelah lelah mengunjungi alun-alun, jalan Dalem Kaum, Pendopo Kota Bandung, dan sekitarnya kini saatnya mengisi perut yang keroncongan, Anda kembali ke Alun alun dan menuju ke baseman dilantai bawah disana terdapat aneka ragam kuliner pilihan anda.

Wah anda penasaran dengan berwisata di alun-alun Kota Bandung! silahkan siapkan dan rencanakan dari sekarang anda dan keluarga datang ke Kota Bandung untuk mengunjungi tempat wisata alun-alun Bandung dan sekitarnya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Wisata Menarik Alun Alun Bandung dan sekitarnya"

  1. Sip gan artikelnya berguna banget

    ReplyDelete
  2. kami telah sampai melancong ke alun alun februari lalu, tapi belum sampai pula ke pendoponya.... next trip kami akan mampir ke pendoponya...

    www.melancongcoy.com

    nice for the templete

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih